Membangun
Bisnis Fokus Pelanggan
Bagi
banyak perusahaan, nilai bisnis utama mereka untuk menjadi bisnis yang berfokus
pada pelanggan terletak pada kemampuan mereka untuk mempertahankan pelanggan
itu loyal, mengantisipasi kebutuhan masa depan, menanggapi keprihatinan
pelanggan, dan menyediakan berkuatitas tinggi layanan pelanggan.
Fokus pada
strategi nilai pelanggan diakui bahwa kualitas, bukan harga, telah menjadi
penentu utama dalam persepsi pelanggan nilai. Dari sudut pandang pelanggan,
perusahaan yang secara konsisten menawarkan nilai terbaik mampu melacak
preferensi setiap pelanggan, mengikuti tren pasar, penyediaan produk, layanan
dan informasi, kapan saja, di mana saja, dan menyediakan layanan pelanggan yang
disesuaikan dengan kebutuhan setiap pelanggan. Selain teknologi Internet telah
menciptakan peluang strategis bagi perusahaan, besar dan kecil, untuk menawarkan
layanan dan produk yang cepat, responsif, dan berkualitas tinggi yang disesuaikan
dengan preferensi setiap pelanggan.
Teknologi
internet dapat membuat pelanggan menjadi titik fokus dari manajemen hubungan
pelanggan (CRM), e-bisnis dan aplikasi lainnya. Sistem CRM, Internet, intranet dan extranet.
menciptakan saluran baru untuk komunikasi interaktif dalam perusahaan dan
pelanggan , dan dengan pemasok , mitra bisnis dan lain-lain dalam lingkungan
eksternal. Hal ini memungkinkan interaksi terus-menerus dengan pelanggan untuk
sebagian besar fungsi bisnis dan mendorong kerjasama lintas-fungsional dengan
pelanggan dalam hal pengembangan produk, pemasaran, pengiriman, layanan dan
dukungan teknis.
Biasanya,
pelanggan menggunakan Internet untuk membuat keluhan mengajukan pertanyaan,
mengevaluasi produk, meminta dukungan, dan membuat dan melaporkan pembelian
mereka. Dengan menggunakan internet dan intranet perusahaan, ahli dalam
berbagai fungsi bisnis dalam semua kontribusi perusahaan dapatmemberi dari
suatu respon yang efektif. Hal ini mendorong terciptanya diskusi kelompok
lintas fungsional dan tim pemecahan masalah yang dibentuk oleh keterlibatan
pelanggan, layanan dan dukungan kepada pelanggan. Bahkan Intrernet dan dukungan
intranet kepada para pemasok dan mitra bisnis dapat digunakan untuk
mendaftarkan mereka dengan cara tertentu untuk memastikan pengiriman tepat
waktu atau berbagai komponen dan layanan berkualitas untuk memenuhi komitmen perusahaan
kepada pelanggannya. Ini adalah bagaimana menunjukkan bisnis fokus pada nilai
bagi pelanggan.
Hubungan
Ilustrasi dalam bisnis yang berfokus pada pelanggan. Intranet, extranet, e-Commerce
website dan proses bisnis internal yang dijalankan melalui Web, platform TI
dibentuk tampaknya tidak mendukung model ini dari e-Business. Hal ini
memungkinkan bisnis untuk fokus pada menargetkan jenis pelanggan mereka
benar-benar ingin, dan "memiliki" seluruh pengalaman dengan pelanggan
bisnis perusahaan. Bisnis yang berhasil memfasilitasi semua proses bisnis yang
berdampak pada pelanggan mereka dengan tampilan lengkap dari masing-masing
pelanggan , sehingga mereka memiliki informasi yang mereka butuhkan untuk
menawarkan pelanggan mereka layanan berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk
setiap pelanggan. Bisnis yang berfokus pada membantu pelanggan pelanggan e-commerce
mereka untuk membantu diri mereka sendiri untuk diri mereka sendiri. Dengan
ttap membantu pelanggan melakukan pekerjaan mereka. Akhirnya, bisnis yang
berhasil memelihara komunitas online pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis,
yang dapat membantu pengembangan kerjasama untuk memberikan pengalaman yang tak
terlupakan bagi pelanggan.

No comments:
Post a Comment